About

Salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan suatu pembangunan dapat dilihat dari kondisi data yang tersedia karena pada dasarnya data sangat diperlukan sebagai acuan dalam pengambilan suatu kebijakan guna mencapai tujuan pembangunan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu data harus berkualitas karena memiliki peran yang sangat penting dalam pengambilan keputusan sehingga kebijakan yang diambil tepat sasaran.

Satu Data LAN adalah kebijakan tata kelola data di lingkungan Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi, dan dapat diakses oleh pengguna data. Sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian kegiatan melalui perbaikan tata kelola data Administrasi Negara khususnya Data Pengembangan Kompetensi ASN. Satu Data LAN diatur dalam Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 Tahun 2020 tentang Satu Data LAN.

Portal Satu Data LAN merupakan portal resmi data Lembaga Administrasi Negara yang berisi data yang dihasilkan seluruh unit kerja di lingkungan LAN dan seluruh mitra dan pemangku kepentingan LAN. Data tersedia dalam format terbuka (xls, xml, csv, json) dan mudah digunakan kembali dengan tujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah.

Seluruh data adalah domain publik sehingga tidak diperkenankan mengandung informasi yang bersifat rahasia negara, rahasia pribadi atau hal-hal lainnya yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.